PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMANFAATAN APLIKASI MOBILE JKN MELALUI KEGIATAN EDUKASI DI WILAYAH KABUPATEN JOMBANG
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMANFAATAN APLIKASI MOBILE JKN MELALUI KEGIATAN EDUKASI DI WILAYAH KABUPATEN JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.810028/jppmi.v2i1.42Kata Kunci:
Mobile JKN, Pemanfaatan, BPJS KesehatanAbstrak
BPJS Kesehatan terus berupaya memperluas cakupan kepesertaan agar dapat menjangkau seluruh rakyat Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah melalui penyediaan teknologi sehingga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses dan mendapatkan pelayanan. Meskipun demikian, masih banyak masyarakat yang datang langsung dan antri ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan Jombang daripada menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk memperoleh pelayanan. Tujuan pengabdian masyarakat adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai aplikasi mobile JKN. Metode yang digunakan terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah pemberian sosialisasi dengan nilai p-value sebesar 0.000 (< 0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan sosialisasi memberikan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat terkait aplikasi mobile JKN. Diperlukan pelaksanaan kegiatan sejenis secara periodik agar masyarakat mendapatkan literasi yang baik terkait aplikasi Mobile JKN.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.









