Penugasan Vlog dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa inggris

Penulis

  • KHAIRUDDIN KHAIRUDDIN Poltekkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.1980/jurnalteknologikonseptualdesign.v1i2.49

Kata Kunci:

Vlog, penugasan, berbicara dalam Bahasa Inggris, tata bahasa, pelafalan

Abstrak

Aktifitas dan kemampuan berbicara merupakan proses dan sekaligus tujuan pembelajaran Bahasa Inggris. Penugasan Vlog sebagai aktifitas pembelajaran berbicara untuk menunjukkan ide dan pengetahuan dapat menjadi kegiatan rekreasional selain insruksional bagi generasi milenial. Namun, akurasi gramatikal dan kesesuaian pelafalan sering terabaikan dalam penugasan aktifitas berbicara mengakibatkan perkembangan tata bahasa dan pelafalan siswa tidak paralel dengan perkembangan kelancaran berbicara mereka. Artikel ini menggabungkan penugasan aktivitas berbicara dalam Bahasa Inggris melalui Vlog dengan pemberian umpan balik tata bahasa dan pelafalan dari pengajar kepada siswa secara  individual, sehingga mereka bisa merasakan peningkatan percaya diri dalam melakukan aktifitas penugasan berbicara melalui Vlog.  Dalam penelitian ini, kemampuan siswa berbicara dalam Bahasa Inggris diukur menggunakan desain pretest-postest.  Penelitian in juga menganalisis persepsi siswa terhadap dampak penugasan vlog, dan juga terhadap umpan balik tata bahasa dan pelafalan secara individual dari pengajar.  Enam puluh enam mahasiswa dari dua kelas di Politeknik Kesehatan Malang terlibat sebagai kelompok perlakuan dan kontrol dalam penelitian tindakan kelas ini. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa dengan perlakuan secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, kinerja komunikasi mahasiswa dengan perlakuan tampak lebih kreatif dan menarik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa memiliki perspektif yang sangat positif terhadap tugas Vlog meskipun tidak mudah karena mereka merasa dapat mengembangkan kemampuan komunikasi bahasa Inggris mereka.

Unduhan

Diterbitkan

09/30/2024

Cara Mengutip

KHAIRUDDIN, K. (2024). Penugasan Vlog dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa inggris. JURNAL TEKNOLOGI KONSEPTUAL DESAIN, 1(2), 160–168. https://doi.org/10.1980/jurnalteknologikonseptualdesign.v1i2.49