TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA JKN-KIS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS BRAWIJAYA
TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA JKN-KIS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS BRAWIJAYA
DOI:
https://doi.org/10.1980/jurnalteknologikonseptualdesign.v2i2.68Kata Kunci:
BPJS Kesehatan, JKN – KIS, Kepuasan pasien, Rumah SakitAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien peserta JKN – KIS terhadap pelayanan kesehatan rawat jalan di Rumah Sakit Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survey dengan jumlah responden 96 berasal dari pasien yang menjadi peserta JKN – KIS di rawat jalan Rumah Sakit Universitas Brawijaya. Teknik sampling yang digunakan yaitu Accidental Sampling yaitu pasien yang datang ke RS Universitas Brawijaya saat pengambilan data. Variabel penelitian dalam penelitian ini adalah kepuasan pasien peserta JKN-KIS yang mendapat layanan di Rawat Jalan di Rumah Sakit Universitas Brawijaya. Indikator kepuasan meliputi dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan rawat jalan di Rumah Sakit Universitas Brawijaya. Kepuasan pada dimensi: tangibel 88,5%, reliability 92,7 %, responsiveness 95,8%, Assurance 93,7%, dan emphaty 92,7%. Nilai rata-rata dari total 96 responden, terdapat 91,7% menyatakan puas, sementara 8,3% menyatakan tidak puas. Hal tersebut menunjukkan masih adanya pasien JKN Kis yang belum puas terhadap layanan kesehatan khususnya kenyamanan secara fisik (tangibel) di RS Universitas Brawijaya, sehingga diperlukan perhatian dan pemantauan terhadap semua bagian yang mendukung proses layanan rawat jalan di RS Universitas Brawijaya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL TEKNOLOGI KONSEPTUAL DESAIN

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.






